Saturday, March 8, 2014

Lempuyang

Lempuyang atau lempuyang wangi adalah jenis rempah- rempah yang berhkahsiat obat. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat. Lempuyang adalah salah satu bahan utama jamu yang cukup populer.

Lempuyang di ketahui mampu menginduksi appotosis sel sel kangker. Hasil kajian di jepang menemukan bahwa ekstrak rimpang lempuyang dapat menekan pertumbuhan sel-sel melanoma pada mencit percobaan. Efek penekanan ( inhibitor ) di ketahui terjadi melalu penghambatan terhadap ekspresi gen tirosinase pada sel melanoma rimpang. Zingiber aromaticum mengandung saponih, flavonioda dan tanin, di samping minyak atsiri. Rimpang lempuyang terasa pahit dan daat membersihkan dara lempuang mengandung senyawa zerumbon, senyawa yang berkahsiat anti kejang juga memiliki kandungan kimia limonen yang berbau sedap dan bersifat mengeluarkan gas ( karminatif ) hasil pencernaan makanan.

Minyak atsiri rimpang lempuyang dengan kadar terendah 1,56% dapat menghambat pertumbuhan streptococus alpha secara in vitro dan anti bakteri berbanding lurus dengan konsentrasi. Perasa infusa dan minyak atsiri rimpang lempuyang wangi mempunyai daya anti bakteri terhadap staphylocaccus aureus dan escherichia coli

No comments:

Post a Comment